Merencanakan Kehamilan Secara Alami

Pilihan yang utama yang tersedia bagi pasangan yang sedang berjuang untuk merencanakan kehamilan secara alami bisa dilakukan dengan pergi ke dokter mereka. Namun tidak cukup penelitian dilakukan ke dalam kehidupan seks pasangan untuk melihat apakah mereka melakukan hubungan seks yang teratur selama kesuburan. Diperkirakan bahwa delapan dari 10 pasangan yang ingin punya anak dan melakukan hubungan seks secara teratur setiap dua atau tiga hari sekali tanpa menggunakan alat kontrasepsi apapun akan hamil dalam waktu satu tahun mencoba.

Merencanakan Kehamilan Secara Alami

Merencanakan Kehamilan Secara Alami

Merencanakan kehamilan secara alami sebelum investigasi medis berlangsung dokter mungkin akan menyarankan perubahan gaya hidup dan penialaian terhadap periode ovulasi Anda. Banyak perempuan yang dilihat berada dalam pengaruh pil kontrasepsi selama bertahun-tahun dan tidak tahu siklus mereka sendiri akan masa subur mereka.

Merencanakan kehamilan secara alami biasanya dokter akan menyarankan Anda mengubah pola hidup yang akan meningkatkan kesempatan anda untuk hamil dan memiliki kehamilan yang sehat. Kedua pasangan yang ingin punya anak harus berhenti merokok, untuk meningkatkan peluang kesuburan dan meningkatkan kesuksesan konsep bantuan kehamilan jika Anda menggunakannya. Membatasi asupan alkohol, mengurangi berat badan dibawah BMI (Indek Massa Tubuh) 30 dan mengonsumsi nutrisi dan vitamin tertentu bisa membantu meningkatkan tingkat kesuburan perempuan dan pria.

Merencanakan kehamilan secara alami bagi wanita yang memiliki masalah ovulasi, obat untuk merangsang produksi telur bisa didapatkan melalui kinik kesuburan. Proses itu disebut dengan induksi ovulasi, biasanya terdiri dari dua jenis obat clomifene atau tamoxifen. Perawatan tersebut dapat digunakan selama enam bulan sebelum dokter Anda memutuskan untuk membahas pilihan lain.

Salah satu perawatan kesuburan yang dilakukan dengan tujuan ingin punya anak yang paling dikenal secara umum adalah In Vitro Fertilisasi (IVF). Dalam IVF sel telur perempuan dikeluarkan dari indung telur dan dibuahi dengan sperma dilaboratorium sebelum ditempatkan di dalam rahim perempuan. IVF secara harfiah berarti fertilisasi dalam gelas, maka itu juga  dikenal dengan pengobatan yang bisa menghasilkan bayi tabung. Versi lain adalah intrasitoplasma sperma injection (ICSI), proses itu melibatkan penyuntikan satu sperma langsung ke dalam sel telur, sel telur yang telah dibuahi atau embrio itu kemudian di transfer ke dalam rahim perempuan.

Dibawah ini ada beberapa tips ingin punya anak yang bisa Anda terapkan, semoga bermanfaat :

  1. Berdoa
    Hal pertama yang harus dilakukan adalah berdoa kepada Tuhan, karena semua ciptaan-Nya merupakan titipan dari Tuhan termasuk anak. Kemudian doa yang dilakukan dengan tulus dan tidak pernah berhenti dan jangan pernah berburuk sangka kepada Tuhan untuk mendapatkan karunia seorang anak.
  2. Menerapkan pola hidup sehat
    Pola hidup yang sehat juga merupakan salah satu hal yang bisa mendukung proses program ingin punya anak. Karrena kesehatan fisik dan mental harus tetap dijaga agar tetap dalam keadaan baik, karena jika kondisi kita tidak baik atau tidak fit dan sering mengalami stress maka hal ini bisa sangat mengganggu proses pembentukan pembuahan. Dan juga bisa menganggu pementukan dan perkembangan pada janin.
  3. Pemeriksaan kesehatan
    Hal yang jangan pernah dilupakan adalah memeriksakan keadaan kesehatan Anda secara berkala, hal ini bertujuan untuk mengetahui keadaan fisik dan mental kita sehingga bisa menunjang proses program hamil. Selai itu, dengan melakukan pemeriksaan maka kita akan mengetahui apa yang menyebabkan sulitnya untuk hamil pada seorang wanita.
  4. Mengetahui masa subur
    Masa subur biasaynya dikenal dengan adanya kenaikan pada hormon Luteinizing dengan secara signifikan dan sebelum terjadinya proses pembuahan. Masa inilah yang biasa disebut dengan masa sbur, yakni jika sel telur ada dan siap untuk dibuahi.
  5. Melakukan hubungan intim di waktu yang tepat
    Melakukan hubungan seksual di waktu yang tepat misalnya adalah di waktu masa subur istri akan memberikan potensi yang besar untuk bisa mendapatkan anak. Menghitung masa subur istri dan uga pasangan sangat dianjurkan dalam melakukan hubungan intim satu atau dua hari sebelum proses ovulasi terjadi, hal ini disebabka karena sperma hanya bisa bertahan selama 48 jam.
  6. Minum vitamin
    Mengonsumsi vitamin yang mengandung zat-zat yang sangat baik untuk kesuburan merupakan hal yang penting. Mengonsumsi makanan-makanan yang bisa menunjang proses kehamilan terjadi lebih cepat misalnya dengan mengonsumsi vitamim C sangat dianjurkan untuk pasangan suami istri hal ini disebabkan karena bisa membantu meningkatkan kualitas sperma. Dan pasangan suami istri sebaiknya mengonsumsi sekitar 100 mg dan 10 mcg vitamin D atau juga vitamin E yang baik untuk membantu meningkatkan kesuburan baik bagi wanita maupun untuk seorang pria.

Jika hal-hal diatas sudah dilakukan, maka hal selanjutnya yang dilakukan adalah dengan bersabar dan menyerahkan semuanya kepada yang diatas. Ingatlah, Tuhan tidak akan pernah jauh dari Hamba-Nya yang selalu mengingatnya dalam keadaan apapun.

Merencanakan Kehamilan Secara Alami

 


=====================================

>>> Siapa yang tidak subur? Suami atau Istri? Ikuti Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Ingin Punya Anak and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *